headers web1

Written by Super User on . Hits: 9058

area6

AREA VI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

Target yang akan dicapai :

1. Meningkatnya kualitas layanan publik (lebih cepat, murah, aman dan lebih mudah dijangkau)

2. Meningkatnya jumlah unit layanan yang memperoleh standarisasi layanan(layanan internasional)

3. Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

Atas dasar hal tersebut terdapat beberap indicator yang perlu dilakukan untuk menerapkan peningkatan kualitas pelayanan publik yaitu:

a) Standar pelayanan

1) Terdapat standar pelayanan

Menyusun standar pelayanan sesuai dengan peraturan menteri PAN RB nomor 15 2014.

2)  Standar pelayanan telah dimaklumatkan dengan cara:

a. Membuat standar maklumat layanan

b. Melakukan pemasangan maklumat standar pelayanan di tempat pelayanan

3) Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan

4) Melakukan reviu dan perbaikan atas standar layanan dan SOP.

Kegiatan kegiatan tersebut dilengkapi data dukung berupa: dokumen standar layanan, capture maklumat standar layanan di tempat layanan, dokumen SOP pelaksanaan standar layanan, dokumen reviu dan perbaikan atas standar layanan dan SOP.

b) Budaya pelayanan prima

1) Telah dilakukan sosialisasi upaya penerapan budaya pelayanan prima kepada pegawai

2) Telah dilakukan informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media, baik media cetak papan pengumuman, media social, website dll.

3) Telah terdapat sistem punishment(sanksi) dan reward(penghargaan) bagi pelaksana layanan serta memberikan kompensasi kepada penerima layanan bila layanan yang diberikan tidak sesuai standar

Kegiatan-kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung berupa: dokumen sosialisasi pelayanan prima (undangan daftar hadi notulen foto sosialisasi capture sarana informasi layanan, sistem reward dan punishment), dokumen penghargaan bagi pegawai teladan dan dokumen hukuman disiplin sebagai punishment serta kompensasi kepada penerima layanan.

c) Sarana layanan terpadu/terintegrasi

1) Menyediakan layanan tepadu (pembayaran layanan melalui simponi aplikasi simari antara UPT dan mahkamah agung)

2) PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) 

d) Terdapat inovasi dalam layanan

Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data: Berupa capture aplikasi layanan terpadu dan foto PTSP, capture inovasi pada area layanan.

e) Penilaian kepuasan terhadap pelayanan

1) Untuk mengetahu tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh unit layanan maka perlu melakukan survey kepuasan masyarakat(SKM setiap 6 bulan).

2) Hasil survey dipublikasikan secara terbuka kepada masyarakat melalui website, media social, dan banner/spanduk

3) Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat dengan melakukan perbaikan layanan

Kegiatan-kegiatan tersebut diatas dilengkapi dengan data dukung: dokumen laporan survey, capture foto tentang pelaksanaan survey dan hasil survey, dokumen laporan perbaikan layanan sebagai tindak lanjut dari survey kepuasan masyarakat.

Adapun eviden pemenuhan target-target tersebut adalah sebagai berikut:

NO

INDIKATOR KERJA

DOKUMEN PENDUKUNG

1

Standar Pelayanan

Standar Pelayanan Peradilan

 

 

Maklumat pelayanan

 

 

Reviu Standar Pelayanan

 

 

Publikasi Maklumat dan Standar Pelayanan

2

Budaya Pelayanan Prima

Peningkatan kompetensi penerapan budaya pelayanan prima

 

 

Kemudahan akses informasi terkait pelayanan

 

 

Sistem reward dan punishment bagi petugas pelayanan

   

Pemberian kompensasi bagi pengguna layanan yang merasa tidak puas dengan pelayanan

   

Pelayanan Terpadu Satu Pintu

   

Inovasi Pelayanan

3 Pengelolaan Pengaduan

Media pengaduan dan konsultasi terkait pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor!

   

Unit Pengelola Pengaduan dan Konsultasi Pelayanan

   

Evaluasi penanganan keluhan/masukan dan konsultasi

4 Penilaian Kepuasan Terhadap Pelayanan

Survey Kepuasan Masyarakat

   

Transparansi hasil Survey Kepuasan Masyarakat

   

Tindak lanjut hasil Survey Kepuasan Masyarakat

5 Pemanfaatan Teknologi Informasi

Penerapan TI dalam pelayanan

   

Database pelayanan terintegrasi

   

Perbaikan TI berkelanjutan

 

Dari segi 'Reform' disajikan eviden-eviden sebagai berikut:

NO

INDIKATOR KERJA

DOKUMEN PENDUKUNG

1

Upaya inovasi pelayanan publik

Upaya inovasi yang mendorong perbaikan pelayanan publik

 

 

Upaya inovasi dalam kemudahan perizinan/pelayanan

 2

Penanganan pengaduan pelayanan dan konsultasi

Penanganan pengaduan pelayanan melalui sosial media 

 

 

Indikator hasil(40%)

Pembangunan zi menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani focus pelaksanaan reformasi birokrasi tertuju pada 2 sasaran utama yaitu:

1. Terwujudnya aparatur yang bersih dan bebas dari KKN diukur dengan menggunakan ukuran:

     a. Nilai Persepsi Korupsi (Survey Eksternal)

     b. Presentase Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan (TLHP)

2. Terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat diukur melalui nilai persepsi kualitas pelayanan (survey eksternal)

 

 

Aplikasi Pendukung

Jam Pelayanan

 Senin - Kamis : 08.00 - 16.30 WITA
 Jum'at : 08.00 - 17.00 WITA
 Istirahat
 Senin - Kamis : 12.00 - 13.00 WITA 
 Jum'at : 11.30 - 13.00 WITA 
 Jadwal Sidang
 Senin - Kamis : 09.00 WITA - Selesai 

Pelayanan yang berkaitan dengan PNBP mengikuti Jam Pelayanan Bank