headers web1

Written by Super User on . Hits: 3034

area1

AREA II PENATAAN TATALAKSANA

Penataan tatalaksana bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses dan prosedur yang jelas serta terukur pada Zona Integritas menuju WBK.

Target yang ingin dicapai: 

  1. Meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen di Pengadilan Agama Kupang menuju WBK
  2. Meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen Pengadilan Agama Kupang menuju WBK.
  3. Meningkatnya kinerja menuju WBK.

Untuk mencapai target tersebut Pengadilan Agama Kupang melakukan upaya dengan indikator-indikator sebagai berikut :

  1. Membuat SOP yang mengacu pada bisnis proses
  2. Membuat SOP turunan yang diterbitkan oleh pusat
  3. Membuat SOP inovasi

           Kegiatan tersebut dilengkapi dengan dokumen bisnis proses pusat, SOP pusat, SOP Inovasi

      4. Memastikan pelaksanaan tugas pegawai sesuai SOP dengan memasang informasi tentang alur atau prosedur layanan.

          Kegiatan ini juga dilengkapi dengan pemasangan alur prosedur layanan dan foto-foto kegiatan.

      5. Melakukan evaluasi SOP

      6. Membuat laporan hasil evaluasi SOP

      7. E-Office

          Pengukuran indikator ini dengan mengacu:

            - sistem pengukuran kinerja unit melalui aplikasi E-Monev, SIPP, dan Komdanas

            - sistem pengukuran inndividu melalui jurnal harian melaui aplikasi E-LLK

          Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung aplikasi E-Monev, SIPP, Komdanas dan E-LLK.

8. Memastikan manajemen SDM dengan menggunakan Aplikasi SIKEP

9. Pelayanan publik berbasis aplikasi : penggunaan IT di PTSP, SIPP, Antrian Sidang, Aplikasi PNBP Online, adanya Website dan adanya Sosial Media (FB, IG, Youtube).

           Kegitan tersebut dilengkapi dengan data pendukung: Capture Website, aplikasi layanan dan media sosial.

10. Melakukan evaluasi dan monitoring terhadap pemanfaatan teknologi informasi per6 bulan. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan undangan, notulen, daftar hadir, foto-foto dan dokumen monitoring

11. Keterbukaan informasi publik.

Indikator yang dilakukan yang mengacu pada kebijakan tentang keterbukaan informasi publik yang sudah di terapkan di pengadilan Agama Kupang meliputi:

- Menyiapkan informasi dengan berbagai infrastruktur dan konten yang memadai, disertai sikap dan keterbukaan. Prosedur yang memadai dengan indikasi memiliki website yang mudah diakses

- Menerapkan keterbukaan informasi publik meliputi persyaratan berperkara, alur berperkara, papan panjar biaya perkara melalui spanduk/banner , website dan media sosial.

Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: Capture anggaran DIPA di Website, Capture spanduk, Website dan Medsos.

        12. Monitoring dan evaluasi.

-        Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan informasi publik. Membuat laporan hasil monitoring yang di dukung dengan undangan, notulen, daftar hadir, foto-foto dan dokumen laporan.

Adapun eviden untuk mencapai target-target adalah sebagai berikut :

PEMENUHAN

NO

INDIKATOR KERJA

DOKUMEN PENDUKUNG

1

SOP Kegiatan utama

SOP Mengacu pada Proses Bisnis Instansi

 

 

Penerapan SOP

 
 
Monev SOP

2

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

Sistem Pengukuran Kinerja Menggunakan Teknologi Informasi

 

Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi

 
 
Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi
 
 
Monev Pemanfaatan IT 

3

Keterbukaan Informasi Publik

Monev Penerapan Kebijakan tentang Keterbukaan Informasi Publik

 

 

Monev Pelaksanaan Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik

 

REFORM

NO

INDIKATOR KERJA

DOKUMEN PENDUKUNG

1

Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan

Penyederhanaan Jabatan

 

 

Penerapan SOP

    Monev SOP

2

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi

Integrasi Implementasi SPBE Mampu Mendorong Pelaksanaan Pelayanan Publik

 

Integrasi Implementasi SPBE Mampu Mendorong Pelaksanaan Pelayanan Internal

3

Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat

Transformasi digital pada bidang proses bisnis utama

 

 

Transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan

 

 

Transformasi digital pada bidang pelayanan publik

Aplikasi Pendukung

Jam Pelayanan

 Senin - Kamis : 08.00 - 16.30 WITA
 Jum'at : 08.00 - 17.00 WITA
 Istirahat
 Senin - Kamis : 12.00 - 13.00 WITA 
 Jum'at : 11.30 - 13.00 WITA 
 Jadwal Sidang
 Senin - Kamis : 09.00 WITA - Selesai 

Pelayanan yang berkaitan dengan PNBP mengikuti Jam Pelayanan Bank