header web new 345 copy

ICON FB.pngICON IG.pngICON WA.png ICON YT.pngIKON SURVEY.png

Written by Super User on . Hits: 85

Tata Cara Pengaduan

Mengacu kepada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan, berikut ini kami uraikan Syarat dan Tata Cara Penyampaian Pengaduan.

A. Disampaikan secara tertulis

  1. Pengaduan dapat diterima dan ditangani oleh Pengadilan Agama Kupang (meja Pengaduan) apabila disampaikan secara tertulis baik dalam bentuk cetak maupun elektronik oleh pelapor;
  2. Dalam hal Pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis, petugas Meja Pengaduan Pengadilan Agama Kupang akan membantu menuangkan pengaduan yang ingin disampaikan pelapor secara tertulis dalam formulir khusus pengaduan.
  3. Petugas Meja Pengaduan Pengadilan Agama Kupang akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.

B. Menyebutkan Informasi yang jelas

Untuk mempermudah penanganan dan tindak lanjut terhadap pengaduan yang disampaikan, pelapor diharapkan dapat menyebutkan secara jelas informasi mengenai :

  1. Identitas Aparat yang dilaporkan, termasuk jabatan;
  2. Perbuatan yang dilaporkan;
  3. Nomor perkara, apabila perbuatan yang diadukan berkaitan dengan pemeriksaan suatu perkara; dan
  4. Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan. Bukti atau keterangan ini termasuk nama, alamat dan nomor kontak pihak lain yang dapat di mintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat pengaduan pelapor.


Pelapor sedapat mungkin diharuskan untuk mencantumkan identitasnya, namun demikian selama informasi dalam pengaduan yang disampaikan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan yang tidak mencantumkan identitasnya akan tetap ditindaklanjuti oleh Pengadilan Agama Kupang.

C. Tata Cara Pengiriman

Pengaduan ditujukan kepada Ketua Pengadilan Agama Kupang. Apabila pengaduan dikirimkan melalui pos dalam amplop tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut adalah pengaduan dengan menuliskan kata “ PENGADUAN pada Pengadilan “ pada bagian kiri atas muka amplop tersebut.

Pengaduan juga dapat dikirimkan melalui :

  • SMS ke Nomor 085282490900 dengan format : nama pelapor#nip/no.identitas pelapor#nama terlapor#satuan kerja terlapor#isi pengaduan. 
  • Surat elektronik (e-mail) : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • telepon/faksimile : (021) 21481233
  • Meja Pengaduan Badan Pengawasan MA RI Jl. Jend. Ahmad Yani Kav.58 By Pass Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat-13011
  • atau dengan pengaduan online melalui : https://siwas.mahkamahagung.go.id

D. Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu penanganan/penyelesaian pengaduan bergantung pada jenis pengaduan. Jika pengaduan dapat ditangani oleh Satuan kerja, waktu yang dibutuhkan dari penanganan hingga penyelesaian membutuhkan waktu paling lama 2 minggu. Jika pengaduan telah masuk ke Badan Pengawasan MA RI, waktu yang dibutuhkan dari penanganan hingga penyelesaian sangat bergantung kepada Badan Pengawasan MA RI.

Aplikasi Pendukung

pengaduan.PNGSIMARI.PNGKOMDANAS.PNGSIPP.PNGDIREKTORI PUTUSAN.PNGSIKEP.PNGAPS BADILAG.PNGLPSE.PNGJDIH.PNGPERPUSTAKAAN.PNG

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kupang

Jl. Kejora, Kupang - NTT 85111

Telp: 0380-820454 
Fax : 0380-820454

Email  : " This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. "
fb  ig  yutup

Jam Pelayanan

Senin - Kamis : 08.00-16.30 WITA

Jum'at            : 07.30-17.00 WITA

Istirahat

Senin - Kamis : 12.00-13.00 WITA

Jum'at            : 11.30-13.00 WITA

Jadwal Sidang

Senin-Kamis : 09.00 WITA-selesai

Pelayanan yang berkaitan dengan PNBP mengikuti Jam Pelayanan Bank