headers web1

on . Hits: 16

bimtek nov 1 min

Senin, 14 November sampai Rabu, 16 November 2022, Pengadilan Agama Kupang Kelas IA ikut serta dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Kupang dan diikuti oleh satuan kerja dibawahnya. Bimtek diadakan di Hotel Kristal Kupang dengan tema yang diangkat yakni “Penguatan Tata Kelola Adminsitrasi Yang Handal, Akuntabel Dan Berorientasi Pelayanan Prima.”. Guna menyukseskan acara tersebut, PA Kupang mengutus Panitera (Sahbudin Kesi, S.Ag, M.H.) , Sekretaris (Rofian, S.H.I., M.H.) dan Pengelola Barang Milik Negara (Devi Lovenia Setyoharti, A.md.Ak.). Substansi dari bimtek tersebut disampaikan secara komprehensif oleh sejumlah pemateri guna mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya dibawah PTA Kupang agar senantiasa mengasah kompetensinya selaku ujung tombak pemerintah dalam melayani masyarakat.

bimtek nov 2

Pada hari pertama, Acara bimtek dibuka dan penyampaian materi dimulai. Materi yang disampaikan ialah peran kesekretariatan sebagai unit suportif yang bertugas menyukseskan pelakasanaan tugas fungsi badan peradilan. Pembukaan acara dan penyampaian materi dibawakan oleh YM Drs. M. Shaleh, M.Hum selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang. Pada hari kedua, peserta masuk kedalam materi Pengelolaan Arsip dengan narasumber Ir. Stefania Fah, M.Si sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Arsip, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Narasumber menunjukkan kepada peserta bagaimana praktek yang baik dan benar terkait pengelolaan arsip pada instansi pemerintah. Pada hari yang sama, penyampaian materi berlanjut pada materi Cascading (penyelarasan) perjenjangan kinerja yang dibawa oleh Badan Pengawas Mahkamah Agung Republik Indonesia.

bimtek nov 3 min

Terdapat pelajaran yang dapat diambil dari sesi tersebut yakni, setiap instansi pemerintah, dalam hal ini Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya, wajib berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 89 tahun 2021 dalam rangka menyusun Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP) yang sudah memasuki masa pembuatannya. Perjenjangan Kinerja dituangkan melalui bagan yang dinamakan Pohon Kinerja. Tujuan dari pembuatan Pohon Kinerja ini ialah dalam rangka memudahkan instansi pemerintah dalam memetakan pembagian tugas fungsi yang harus dilaksanakan setiap unit agar mencapai tujuan tertinggi organisasi/instansi. Adapun demi memastikan bahwa pelaksanaan tugas fungsi terarah dan tepat sasaran dalam mencapai tujuan instansi, Pohon Kinerja harus bersifat selaras (cascade) mulai dari pucuk pohon yakni cita-cita utama instansi hingga “akar pohon” nya yaitu pekerjaan yang harus dilakukan oleh setiap individu secara teknis (pembagian tugas sampai habis kepada pegawai). Dengan adanya Pohon Kinerja, maka Kinerja Instansi dapat diukur dengan cara mengukur Kinerja Unit, dan pengukuran Kinerja unit dilakukan dengan mengukur kinerja setiap individu. Dengan terpetakannya tugas fungsi setiap individu, maka instansi dapat menciptakan program dan kegiatan dengan tepat dan terfokus pada pencapaian tujuan utama instansi sehingga pemanfaatan sumber daya instansi dapat dilaksanakan secara efektif ,efisien dan ekonomis. Pohon Kinerja memiliki hierarki mulai dari yang paling atas yaitu Strategic Objectives (Sasaran Strategis) yang merupakan pencapaian tujuan utama instansi, kemudian dibawahnya yaitu Tactical Objectives (Sasaran Menengah) yang merupakan output dan outcome dari sejumlah program yang digadang instansi sampai kepada tingkat paling bawah yaitu Operational Objective yang merupakan pencapaian suatu kegiatan yang dapat mewujudkan keberhasilan program.

Add comment


Security code
Refresh

Aplikasi Pendukung

Jam Pelayanan

 Senin - Kamis : 08.00 - 16.30 WITA
 Jum'at : 08.00 - 17.00 WITA
 Istirahat
 Senin - Kamis : 12.00 - 13.00 WITA 
 Jum'at : 11.30 - 13.00 WITA 
 Jadwal Sidang
 Senin - Kamis : 09.00 WITA - Selesai 

Pelayanan yang berkaitan dengan PNBP mengikuti Jam Pelayanan Bank