headers web1

Written by Emir on . Hits: 9

WhatsApp Image 2022-11-09 at 16.11.00

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Berlari. Merupakan satu kata yang bisa mewakili apa yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama, dengan meluncurkan dua inovasi dalam sepekan. Aco Nur sebagai Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama dengan bangga meresmikan aplikasi e-Bundling dan media Badilag TV

Aplikasi e-Bundling, aplikasi yang diluncurkan pada Rabu 02 November 2022 di Badilag Command Center itu dihadiri oleh sekretaris Ditjen Badilag Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Dr. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. Hadir pula Ketua PTA Jakarta Dr. H. A. Choiri, S.H., M.H, Ketua PA Jakarta Pusat, para pejabat eselon III Ditjen Badilag serta seluruh Panitera Pengadilan Tingkat Banding.

WhatsApp Image 2022-11-09 at 16.11.00 1

Acara ini juga diaksikan oleh seluruh Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Ketua Pengadilan Tingkat Pertama secara daring melalui zoom meeting. Dalam sambutannya Aco Nur mengatakan, Ditjen Badilag terus berinovasi untuk memajukan peradilan agama yang excellent dan berkelas dunia. Aplikasi e-Bundling ini merupakan sistem aplikasi pengiriman dokumen pra-banding secara elektronik. Aplikasi ini sangat membantu masyarakat pencari keadilan untuk mempercepat proses perkara banding yang diajukan.

Aplikasi ini dapat memverifikasi dokumen lebih cepat dan hakim dapat mempelajari berkas perkara lebih awal. “Begitu berkas dinyatakan banding dan masuk ke dalam aplikasi maka Pengadilan Tingkat Banding membuat majelis bayangan. Tujuannya untuk membaca dan mempelajari materi hukum putusan perkara yang diputus oleh pengadilan tingkat pertama sekaligus memonitor kelengkapan berkas perkara banding,” tutur Aco Nur.

WhatsApp Image 2022-11-09 at 16.10.07

Inovasi yang kedua adalah berupa media penyampaian informasi melalui Youtube yang diresmikan dengan nama Badilag TV. Inovasi yang mempunyai slogan “Badilag TV ada karena partisipasi dan kontribusi anda” ini, diresmikan 3 November 2022 di Semarang, bersamaan dengan acara pembukaan Capacity Building Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.

Badilag TV mempunyai 7 program unggulan diantaranya Tajuk Utama yang memuat kebijakan strategis dan kegiatan terkini pimpinan Badilag dalam mewujudkan peradilan berkelas dunia. Lintas Peradilan, akan memuat informasi kegiatan dan inovasi-inovasi terkini dari berbagai satuan kerja pengadilan agama.Tokoh Bicara, yang akan menghadirkan tayangan wawancara ringan dari para tokoh peradilan agama dan tokoh nasional, baik yang masih aktif maupun telah purnatugas.Garis Terluar, akan menyajikan tayangan perjuangan aparatur pengadilan agama dalam melayani masyarakat di daerah pedalaman dan sulit dijangkau. Inspirasi, menyajikan tayangan bulanan yang menampilkan satuan kerja yang mampu menginspirasi satuan kerja lainnya dalam mewujudkan pelayanan prima berkelas dunia. selanjutnya Berkelas dunia, akan memuat kegiatan Ditjen Badilag yang terkait dengan dunia Internasional. Dan tentunya siaran langsung (live streaming) berupa pembinaan dan bimbingan teknis secara daring kepada warga pengadilan agama.

WhatsApp Image 2022-11-09 at 16.10.06

Aco nur selaku Direktur Jenderap Badan Peradilan Agama menyambut baik pengembangan Badilag TV sebagai sarana berbagi informasi kepada seluruh masyarakat Indonesia dan dunia. dan dalam pidatonya beliau berkata “Badilag TV ada untuk agar peradilan agama lebih dekat kepada masyarakatsekaligus sebagai upaya mendorong terwujudnya peradilan agama modern berkelas dunia”. (AQW)

Aplikasi Pendukung

Jam Pelayanan

 Senin - Kamis : 08.00 - 16.30 WITA
 Jum'at : 08.00 - 17.00 WITA
 Istirahat
 Senin - Kamis : 12.00 - 13.00 WITA 
 Jum'at : 11.30 - 13.00 WITA 
 Jadwal Sidang
 Senin - Kamis : 09.00 WITA - Selesai 

Pelayanan yang berkaitan dengan PNBP mengikuti Jam Pelayanan Bank