headers web1

on . Hits: 327

Kuliah Umum kepada Mahasiswa PKL dan Magang di Pengadilan Agama Kupang oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang

 

2

Dalam sebuah acara yang penuh semangat dan inspiratif, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang, Yang Mulia Bapak Drs. Ilham Abdullah, S.H., M.Kn., membagikan wawasan mendalam-nya kepada para mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) Universitas Muhammadiyah Kupang dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya dalam sebuah kuliah umum yang diadakan di ruang Media Center Pengadilan Agama Kupang
Kuliah umum ini menyoroti pentingnya pemahaman tentang hukum dan etika dalam membangun masyarakat yang adil dan beradab. Beliau menekankan bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan harus dilengkapi dengan pengetahuan yang memadai tentang hukum agama, agar dapat berperan aktif dalam menjaga keadilan dan ketertiban sosial.

3

"Kuliah umum ini bukan hanya sekadar peningkatan wawasan, tetapi juga sebagai upaya untuk membentuk karakter yang kuat dalam diri mahasiswa, sehingga mereka dapat menjadi pemimpin yang berintegritas di masa depan," ujar Bapak Ilham Abdullah dengan penuh keyakinan. Dengan pengalaman yang luas dalam bidang hukum agama, Beliau memberikan contoh-contoh nyata tentang bagaimana praktisi hukum agama dapat berperan sebagai agen perubahan positif dalam masyarakat. Dia menekankan pentingnya bagi para hakim dan praktisi hukum agama untuk tidak hanya bertindak sebagai penegak hukum, tetapi juga sebagai pemimpin moral yang mampu mempromosikan keadilan sosial dan perdamaian dalam masyarakat.
Dalam sesi kuliah yang berlangsung selama beberapa jam, Bapak KPTA Kupang membahas berbagai aspek penting terkait dengan hukum, mulai dari prinsip-prinsip dasar hukum hingga aplikasinya dalam konteks kehidupan modern. Beliau juga memberikan wawasan tentang perkembangan terbaru dalam sistem peradilan di Indonesia, serta apa saja tantangan yang dihadapi dalam menerapkan hukum dalam masyarakat yang multikultural.

1
Tidak hanya memberikan wawasan teoritis, kuliah ini juga memberikan ruang bagi interaksi antara pembicara dan peserta. Para Mahasiswa PKL juga aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, mereka mengajukan pertanyaan yang kritis tentang berbagai isu yang berkaitan dengan praktik hukum di Indonesia.
Mereka sangat antusias terhadap kuliah umum ini dan mereka menyambut kesempatan ini sebagai langkah penting dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang hukum agama dan memperluas wawasan mereka dalam bidang ini. "Sangat menginspirasi bisa mendengarkan langsung pengalaman & pemikiran YM Bapak Drs. Ilham Abdullah, S.H., M.Kn. tentang hukum. Kuliah ini memberikan kami wawasan baru yang sangat berharga," ujar salah satu peserta kuliah.

4
Kuliah umum yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang ini diharapkan dapat menjadi awal dari kerjasama yang lebih erat antara lembaga pendidikan dan lembaga peradilan dalam upaya memperkuat pemahaman hukum agama di kalangan generasi muda. Dan dengan semangat yang telah ditanamkan dalam diri para peserta, diharapkan mereka akan menjadi agen perubahan yang berperan dalam memperkuat sistem peradilan yang inklusif dan berkeadilan bagi semua masyarakat Indonesia.

 

Add comment


Security code
Refresh

Aplikasi Pendukung