Wakil ketua Pengadilan Agama Kupang Drs. H. Bisman, MHI didampingi oleh Ketua dan Sekretaris SAPM Pengadilan Agama Kupang lakukan sosialisasi Buku Pedoman SAPM edisi terbaru yang baru dikeluarkan oleh Dirjen Badilag bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Kupang pada hari rabu, 15 Agustus 2018.

Adapun intisari dari buku pedoman standar SAPM terbaru ini adalah adanya satu bab tambahan yaitu bab V Program prioritas Badilag, yang berisi 6 poin:

1.    Pembangunan Zona Integritas

2.    Pelayanan Informasi melalui website Pengadilan

3.    Penyelesaian tepat waktu

4.    Minutasi dalam satu hari (One day minutation)

5.    Publikasi putusan dalam satu hari (One day publish)

6.    Administrasi perkara secara elektronik (e-court) dan

7.    Implementasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)

Untuk itu perlu adanya satu Pj. Lagi yaitu Pj. Program Prioritas Dirjen Badilag(Pj. PP), dan disepakati yang menjadi Pj. PP adalah bapak hakim Aris Habibuddin Syah, SHI., MH. Selain penunjukan Pj baru dibentuk juga tim zona Integritas .

 

Jumat siang, tepat pukul 14.00 WITA, Pegawai Pengadilan Agama Kupang dikejutkan dengan kedatangan rombongan dari Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Timur. Rombongan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua PTA. NTT Bapak Drs. H. Mansyur, SH., MH dan didampingi oleh Panitera Muda Hukum PTA. NTT Dra.Aisyah Abdurrajak, MH, juga Kabag Keuangan dan Rumah Tangga PTA NTT Bapak Ali Amran , SH., SHI., MH. Ternyata kedatangan tersebut adalah dalam rangka Inspeksi Mendadak (sidak) tentang kehadiran Pegawai Pengadilan Agama Kupang, ini dikarenakan hari sebelumnya adalah hari libur(harpitnas).

Selain sidak Waka PTA. NTT juga mempunyai tujuan lain yaitu mensosialisasikan Perma No. 3 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Perkara Secara Elektronik. Sosialisasi dilaksanakan diruang Sidang Utama dan dihadiri oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama Kupang. Dalam sambutanyya H. Mansur menyampaiakan PA. Kupang sudah dipilih oleh PTA. NTT untuk menjadi Pilot Project Penerapan Perma No.3 Tahun 2018. Ini karena selain terletak di Ibukota Propinsi , PA. Kupang juga telah memperoleh Sertifikasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama dengan predikat A Excellent.

Selain itu H. Mansur juga berpesan dan menekankan agar seluruh Pegawai Pengadilan Agama Kupang selalu kompak menjaga keharmonisan dan kedisiplinan baik masuk kantor, istirahat maupun jam pulang Kantor.

Tahun 2017 telah berakhir, bebagai laporan disusun oleh Pengadilan Agama Kupang termasuk yang berkaitan dengan perkara. Pada tahun 2017 Pengadilan Agama Kupang telah menerima gugatan sebanyak 103 perkara dan permohonan sebanyak 111 perkara. Jika dibandingkan dengan Pengadilan Agama wilayah jawa, pengadilan Agama Kupang termasuk wilayah yang perkaranya tidak banyak. Dari 103 perkara gugatan yang diterima Pengadilan Agama Kupang telah menyelesaikan 80 perkara gugatan dan telah menyelesaikan 109 perkara permohonan.

80 perkara gugatan yang telah diselesaikan Pengadilan Agama Kupang terdiri dari 73 perkara perceraian, 5 perkara gugatan harta bersama, 1 perkara gugatan  hadhonah dan 1 perkara gugatan waris. Adapun perkara yang dimediasi pada tahun 2017 terdiri dari  28  perkara terdiri dari perkara perceraian, harta bersama dan hadhonah. Alhamdulillah berkat kesungguhan dari para mediator yang ingin mendamaikan kedua belah pihak berperkara ada 4 perkara yang berhasil dimediasi dan penyelesaian perkaranya dituangkan dalam akta perdamaian. 4 perkara yang berhasil dimediasi tersebut adalah 3 perkara gugatan harta bersama dan 1 perkara perceraian.

Para mediator yang berhasil mendamaikan kedua belah pihak berperkara hingga mencapai kesepakatan damai adalah Moh.Rivai,S.H.I,. M.H, Muhamad Syauky S.Dasy S.H.I,. M.H dan aris Habibudin Syah S.H.I,. M.H. Ketiganya adalah hakim-hakim muda yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Sungguh, bagi kami ini merupakan hadiah terindah di akhir tahun karena mediasi ini berhasil dicapai di penghujung tahun 2017. 

Pasca bejibaku dengan pembuatan laporan tahunan 2017, Jumat tanggal 26 Januari 2017  seluruh pegawai Pengadilan Agama Kupang melaksanakan rapat evaluasi tahun 2017 dan program kerja tahun 2018. Tidak seperti biasanya, Rapat dibuka oleh Drs.H.Bisman,.M.H.I  Wakil  Ketua Pengadilan Agama Kupang tepat pukul 09.00 wita. Selanjutnya secara bergantian Rofian,S.H.I,.M.H (sekretaris) dan Sahbudin Kesi, S.Ag., M.H (Panitera) Pengadilan Agama Kupang  menyampaikan capaian kinerja bagian kesekretariatan dan kepaniteraan pada tahun 2017 yang alhamdulillah sudah mencapai target, meskipun disadari masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki dalam semua bidang.

Dalam pembahasan rencana kerja tahun 2018 Sahbudin Kesi, S.Ag,. M.H menyampaikan bahwa Surat Keputusan Tugas dan Fungsi telah diserahkan kepada masing-masing pegawai di bagian Kepaniteraan, selanjutnya beliau menyampaikan akan secepatnya menyusun rencana kerja sidang keliling dan DDTK Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) versi 3.2.0. Sementara di kesempatan berikutnya Rofian,S.H,.M.H menyampaikan bahwa Surat Keputusan Tugas dan Fungsi telah diserahkan kepada masing-masing pegawai di bagian Kesekretariatan. Selanjutnya beliau memaparkan program kerja yang harus segera dilaksanakan pada tahun 2018 oleh bagian kesekretarian diantaranya perawatan gedung kantor berupa pemeliharaan pada bagian penebalan dinding, penataan halaman dan akses jalan dalam lingkungan kantor yang belum tertata dengan sempurna.

 

Di akhir rapat wakil Pengadilan Agama Kupang Drs.H.Bisman,M.H. I berharap agar program-program yang telah dibahas dalam rapat segera ditindaklanjuti dan dapat dilaksanakan dengan baik serta senantiasa konsisten dengan tugas dan fungsinya serta berupaya menjaga marwah SAPM yang telah diraih mengingat Pengadilan agama Kupang adalah salah satu Pengadilan yang menyandang predikat Standar Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM), tak lupa pula beliau juga mengingatkan kepada pejabat terkait agar segera memilih role model dari Pegawai pengadilan Agama Kupang di tahun 2018 sebagai bentuk reward atas kinerja pegawai di Tahun 2017 yang nantinya dapat dijadikan panutan di Tahun 2018. 

Jumat pagi tanggal 15 Desember 2017 pasca olah raga bersama, seluruh pegawai Pengadilan Agama Kupang mengikuti sosialisasi dan tes narkoba yang dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Timur. Sosialisasi dan tes narkoba tersebut diikuti pula oleh warga Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Timur dan warga Pengadilan Agama Soe.  Sosialisasi dibuka dengan sambutan dari Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang Drs. H. Shofrowi, SH., MH., yang menyatakan bahwa sosialisasi dan tes narkoba ini dilaksankan sebagai tindak lanjut surat Mahkamah Agung 974/SEK/OT.01.1/XI/2017 tertanggal 15 Nopember 2017.

Sebagai narasumber sosialisasi adalah dr. Daulat Samosir dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Nusa Tenggara Timur. Dr. Daulat Samosir berharap agar warga peradilan Pengadilan Agama baik dari Pengadilan Tinggi Agama NTT, Pengadilan Agama Kupang dan Pengadilan Agama Soe tidak menambah daftar kelam nama penyalahguna Narkoba dari kalangan Aparat Sipil Negara.

 

Setelah sosialisasi, seluruh peserta yang mengikuti sosialisasi diminta agar urinenya ditampung pada wadah yang telah disediakan oleh petugas BNN Daerah Nusa Tenggara Timur dan telah diberi label nomor sesuai dengan nomor registrasi peserta test. Dengan berbekal wadah tersebut, seluruh peserta mengantri di toilet untuk menampung urinenya. Satu per satu urine seluruh peserta dites oleh petugas dengan teliti menggunakan strip test. (hingga berita diturunkan hasil test belum diserahkan). Rangkaian sosialisasi dan test narkoba diakhiri dengan acara sarapan bersama dengan menu lontong sayur, dipadukan dengan ayam goreng lengkuas, dan tahu brontak yang disediakan oleh Pengadilan Tinggi Agama nusa Tenggara Timur. 

  •  Start 
  •  Prev 
  •  1  2  3 
  •  Next 
  •  End 

Page 1 of 3

Berita PA

Jam Pelayanan

Kami melayani masyarakat selama lebih kurang 8 jam

  • Senin-Kamis: 08.00 sampai 16.30
  • Jumat: 07.30 sampai 16.30
  • Sabtu dan Minggu: Libur

Pengunjung Web

Hari ini 1

Kemarin 17

Minggu ini 56

Bulan ini 234

Semuanya 2038

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

Link Online

Go to top

Copyright @ 2017 Pengadilan Agama Kupang

Nusa Tenggara Timur