Di Penghujung tahun  ini tepatnya tanggal 13 Desember 2017 Pengadilan Agama Kupang memutuskan untuk menggelar kembali sidang keliling. Sidang Keliling kali ini dilaksanakan  di wilayah selatan Nusa Tenggara Timur yaitu Kabupaten Rote Ndao. Hal ini tidak luput dari antusiasme warga Kabupaten paling selatan NKRI ini, yang sebagiannya masih jauh dari kemudahan dalam upaya pemenuhan identitas hokum bagi diri dan keluarga mereka.

Sidang Keliling ini dilaksanakan di Kantor Urusan Agama kecamatan Lobalain, dengan jumlah perkara sebanyak 19 perkara dan disidangkan oleh satu Majelis Hakim yang terdiri dari Wakil Ketua Pengadilan Agama Kupang Bapak Drs. H. Bisman., MHI, dua Hakim anggota Bapak Muhammad Syauky S.Dasy, SHI., MH dan Bapak Aris Habibuddin Syah, SHI., MH, dibantu oleh Panitera  Bapak Sahbudin Kesi, S.Ag., MH serta Wahyu Ardiansyah sebagai Jurusita. Dari 19 perkara yang terdaftar dan disidangkan, tidak kurang dari 10 perkara merupakan warga dari Pulau Ndao, pulau terbesar kedua diwilayah Kabupaten Rote Ndao yang hingga saat ini untuk mengakses KUA mau tidak mau harus mengadu nyali dengan menyebrangi lautan lepas dengan gelombang tinggi khas samudera hindia.

Antusiasme warga Ndao terhadap sidang keliling kali ini menurut kepala KUA kecamatan Lobalain sangatlah kuat, warga yang akan sidang sudah tiba di pulau Rote sejak hari minggu dan harus menumpang nginap di rumah keluarga mereka yang ada di Rote. Hal tersebut ditempuh oleh warga Pulau Ndao sebagai antisipasi menghindari cauaca buruk.

Diharapkan dengan Sidang Keliling ini warga setempat dapat memiliki legalitas pernikahan secara Hukum sehingga dengan berbekal penetapan Pengadilan Agama Kupang, Kantor Urusan Agama Setempat dapat menerbitkan Buku Nikah dan selebihnya agar dapat mengurus akta kelahiran anak-anak mereka.

Berita PA

Jam Pelayanan

Kami melayani masyarakat selama lebih kurang 8 jam

  • Senin-Kamis: 08.00 sampai 16.30
  • Jumat: 07.30 sampai 16.30
  • Sabtu dan Minggu: Libur

Pengunjung Web

Hari ini 4

Kemarin 16

Minggu ini 28

Bulan ini 264

Semuanya 1152

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

Link Online

Go to top

Copyright @ 2017 Pengadilan Agama Kupang

Nusa Tenggara Timur