1. Perkara didaftarkan melalui Meja I.
  2. Petugas Meja II memeriksa surat gugatan / permohonan.
  3. Petugas Meja II memeriksa nomor SKUM dan mencatat dalam register induk perkara.
  4. Petugas meja II mencatat identitas para pihak pada register induk perkara gugatan/permohonan.
  5. Petugas Meja II mencatat Petitum pada register induk perkara gugatan / permohonan.
  6. Memasukan surat gugatan / permohonan dalam map berkas perkara dan  memberi nomor serta nama para pihak pada sampul map disertai formulir PMH, SKPP,PHS.
  7. Map berkas gugatan / permohonan dicatat pada buku ekspedisi yang selanjutnya disampaikan kepada Ketua Pengadilan Agama melalui Panitera.
  8. Panitera mencatat berkas perkara tersebut dalam buku monitor PMH selanjutnya menyerahkan berkas kepada Ketua Pengadilan Agama.
  9. Ketua Pengadilan Agama mempelajari berkas perkara selanjutnya menunjuk majelis hakim yang menangani perkara tersebut. Berkas dikembalikan kepada petugas Meja II melalui Panitera.
  10. Panitera menunjuk panitera pengganti sebagai pendamping majellis hakim dan menunjuk jurusita pengganti untuk memanggil para pihak.
  11. Panitera mencatat PMH dari Ketua Pengadilan Agama dalam buku monitor selanjutnya berkas diserahkan ke petugas Meja II.
  12. Petugas Meja II menerima berkas dari panitera kemudian membuatkan surat PMH dan mencatat PMH dalam register.
  13. Petugas Meja II mencatat PMH ke dalam register kolom 6.
  14. Petugas Meja II menyerahkan berkas perkara kepada ketua majelis hakim yang ditunjuk dengan menggunakan buku ekspedisi.
  15. Ketua Majelis mempelajari berkas perkara gugatan kemudian menetapkan hari dan jam persidangan, mendistribusikan kepada anggota majelis untuk dipelajari.
  16. Ketua Majelis mencatat PHS tersebut dicatat dalam suatu instrumen pemberitahuan yang selanjutnya diserahkan kepada Meja II.
  17. Ketua Majelis Hakim memerintahkan jurusita /JSP untuk memanggil para pihak sesuai dengan PHS melalui Panitera /PP yang telah ditunjuk dengan menggunakan instrumen pemanggilan.

Berita MA-RI

Feed not found.
Go to top

Copyright @ 2017 Pengadilan Agama Kupang

Nusa Tenggara Timur