Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN AGAMA KUPANG

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN AGAMA KUPANG

Jalan Kejora, Kupang, NTT Phone : 0380-820454

Email : pa_kupang@yahoo.co.id

Logo Artikel

BINTAL DAN SOSIALISASI SIDAK DIRJEN BADILAG

Bintal dan Sosialisasi Hasil Sidak Dirjen Badilag

  • Setiap muslim haruslah memiliki cita-cita berislam secara kaffah yang mana hal tersebut hendaknya kita selalu menjauhkan diri atau tidak mengikuti langkah-langkah syaithon.
  • Setiap muslim hendaknya selalu waspada karena dalam diri setiap manusia terdapat setidaknya 2 (dua) jenis nafsu, yakni nafsu al-ammaroh dan nafsu al-lawwamah. Dan setiap Muslim hendaknya dapat mengkontrol dengan cerdas kedua jenis nafsu yang bersarang dalam diri.
  • Dalam kaitannya dengan pelaksanaan tugas sehari-hari, ketika kita sebagai Muslim sudah memutuskan untuk berislam secara kaffah, hendaknya kita memiliki kesadaran sikap dan rasa bertanggung jawab terhadap apa yang telah menjadi tugas kita. Dengan kesadaran tersebut dalam mengerjakan suatu tugas menjadi tidak penting lagi bagi seorang muslim apakah dirinya dalam pantauan atasan atau tidak.
  • Sebagai seorang Muslim hendaknya kita selalu termotivasi menjadi yang terbaik dan lebih sempurna, karena pada dasarnya Islam telah mengajarkan kepada kita hal-hal dasar yang kalau kita pedomani kita akan menjadi yang terdepan dalam segala bidang.
  • Guna menjadi seorang muslim yang kaffah, hendakanya kita menggalakkan diskusi-diskusi atau kajian-kajian seputar Islam seperti forum “bina mental” yang bermuara kepada pemahaman kita yang sempurna akan ajaran Islam yang lebih luas demi kejayaan Islam di masa yang akan datang.

Pasca sesi penyampaian materi bintal oleh Drs. Mansyur (Hakim PA Kupang), kemudian Bapak Ketua Pengadilan Agama Kupang (Drs. H. Bisman, M.H.I) menyampaikan beberapa hal diantaranya ulasan singkat tentang materi bintal yang menurut beliau jika materi tersebut dieksplore lebih dalam lagi akan dapat menjadikan diri kita menjadi lebih baik dari hari ke hari terutama dalam kaitan kita sebagai seorang Muslim ketika melaksanakan tugas dan amanah yang diembankan kepada kita.

Bapak Ketua juga memanfaatkan forum bintal tersebut untuk mensosialisasikan surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor : 0618/DJA/PS.00/II/2019 perihal Hasil Inspeksi Mendadak yang dilakukan oleh Tim dari Dirjen Badilag ke salah satu Pengadilan Tinggi Agama dan beberapa Pengadilan Agama. Setelah menyampaikan isi surat tersebut, bapak Ketua berpesan agar sebagai aparat peradilan lebih care/perhatian kepada hal-hal yang menjadi program-program Mahkamah Agung dan Badilag. Beliau juga memberi motivasi agar program one day minute dan one day publish yang telah berjalan selama ini supaya berjalan lebih baik lagi dan juga sinkron antara administrasi elektronik dan bukti fisiknya dapat dijaga dan ditingkatkan. Di penghujung penyampaiannya, bapak Ketua menyampaiakn agar seluruh aparat Pengadilan Agama Kupang meningkatkan kedisiplinan baik dalam hal datang, keluar masuk kantor, maupun dalam penggunaan atribut-atribut melekat yang telah diatur oleh Mahkamah Agung.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas