Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN AGAMA KUPANG

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN AGAMA KUPANG

Jalan Kejora, Kupang, NTT Phone : 0380-820454

Email : pa_kupang@yahoo.co.id

Penerimaan & Penyelesaian Perkara

Pertama

Perkara yang diterima oleh Pengadilan Agama adalah perkara yang telah diregister dan ditandai dengan adanya penomoran terhadap perkara yang bersangkutan.

Kedua

Setelah perkara resmi diterima oleh Pengadilan Agama, pihak yang berperkara akan dipanggil oleh Jurusita/Jurusita Pengganti Pengadilan Agama untuk hadir di persidangan. Panggilan dilakukan oleh Jurusita/Jurusita Pengganti Pengadilan Agama selambat-lambatnya 3 hari sebelum hari sidang yang telah ditetapkan.

Ketiga

Majelis Hakim mulai melaksanakan sidang Pengadilan agama pada pukul 09.00 waktu setempat.

Keempat

Dalam hal tertentu Majelis hakim dapat memulai sidang beberapa saat kemudian (lebih dari pukul 09.00 waktu setempat) pada hari yang sama setelah dipermaklumkan terlebih dahulu.

Kelima

Petugas memanggil para pihak agar masuk ke ruang sidang untuk pemeriksaan perkara berdasarkan system antrian berdasar kepada urutan kedatangan para pihak yang berperkara.

Keenam

Majelis Hakim harus memutus perkara selambat-lambatnya dalam jangka waktu 5 (lima) bulan sejak perkara didaftarkan.

Ketujuh

Jika dalam waktu 5 (lima) bulan perkara belum putus, Ketua majelis wajib melaporkan keterlambatan tersebut kepada ketua MA melalui ketua PA dengan menyertakan alasan keterlambatannya.

Kedelapan

Pada waktu diucapkan, putusan / penetapan harus sudah jadi (dalam bentuk hard kopi) dan sesaat setelah dibacakan langsung ditandatangani Majelis Hakim dan Panitera Sidang.

Kesembilan

Majelis hakim memberitahukan kepada para pihak yang hadir bahwa salinan putusan dapat diambil melalui meja III dalam jangka waktu kurang dari satu minggu sejak putusan diucapkan.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas